RSS

Tak Kalah dengan Rumah Mewah

21 Sep

PADA 2002 lalu pemerintah telah melakukan
perubahan yang cukup mendasar terhadap konsep,
desain,dan spesifikasi teknis RS/RSS yang kemudian
disebut rumah sederhana sehat (Rs Sehat).

PERUBAHANspesifikasi Rs Sehat ini dianggap telah memperhatikan konsep layak
huni sehat dan pemanfaatan bahan baku lokal secara maksimum. Hal itu tertuang
dalam Keputusan Menteri Kimpraswil No403/KPTS /M/2002tentangPedoman Teknis
Rumah Sederhana Sehat.Dalam Keputusan tersebut, masyarakat diberi empat
macam pilihan rumah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya,
yakni tembok, setengah tembok, kayu tidak panggung, dan kayu panggung.Pilihan
tersebut diadakan untuk menyesuaikan budaya masing-masing daerah.
Rs Sehat merupakan tempat kediaman yang layak dihuni dan harganya terjangkau
masyarakat berpenghasilan rendah dan sedang. Rs Sehat berupa bangunan yang
luas lantai dan luas kavelingnya memadai dengan jumlah penghuni serta memenuhi
persyaratan kesehatan rumah tinggal. Luas bangunan minimal Rs Sehat adalah 21
m2, sedangkan luas lahan efektif berkisar 60 m2 hingga 90 m2. Dalam kawasan permukiman Rs Sehat, pengembang diwajibkan menyediakan tanah yang cukup bagi pembangunan rumah serta untuk membangun kelengkapan prasarana lingkungan, utilitas
umum,dan fasilitas sosial. Dengan begitu, penghuni bisa melakukan aktivitas sosialnya dengan maksimal.
Menurut Direktur PT Catur Mitra Persada Rizal Isky Rusli, pihaknya tengah mengembangkan kawasan permukiman bernama Puri Arta Sentosa. Di dalam kawasan
permukiman seluas 16 hektare tersebut, sebagian besar rumah yang dikembangkan
di Bojong Gede, Bogor tersebut memiliki tipe Rs Sehat. Rumah yang dipasarkan
mulai tipe 22/60 hingga tipe 36/150. Perinciannya, tipe 22/60 seharga Rp46 juta,
22/72 Rp53 juta, dan 28/60 Rp55 juta. Untuk tipe yang bukan kategori Rs Sehat di
antaranya tipe 36/150 seharga Rp150 juta. ”Rumah dengan tipe 36/150 terletak di
depan kawasan permukiman, sedangkan rumah Rs Sehat di dalamnya,” katanya saat
dihubungi SINDO.
Dia menjelaskan, dalam kawasan permukiman tersebut, telah menyediakan beberapa
hektare lahan yang bisa dipergunakan untuk membangun berbagai fasilitas.Karena
terbatasnya keuntungan yang diperoleh, pembangunan fasilitas tersebut sepenuhnya
diserahkan kepada penghuni.Baik melalui sistem swadaya atau meminta bantuan
kepada pemerintah daerah.
Kendati letak Puri Arta Sentosa di Bojong Gede, Bogor, sebagian besar penghuninya
bekerja di Jakarta. Ini karena kawasan perumahan yang dikembangkannya sangat
dekat dengan akses stasiun KA. Hanya dalam hitungan menit, penghuni sudah
bisa mencapai Stasiun KA Bojong Gede. Bagi penghuni yang pulang larut malam,
masih bisa mempergunakan akses kendaraan umum yang beraktivitas 24 jam.
Wilayah Bogor sengaja dipilih untuk membangun perumahan Rs Sehat karena sangat
kondusif dijadikan sebagai kawasan permukiman.Selain udara yang masih sejuk,
air tanah di Bogor relatif lebih segar dibandingkan daerah satelit Jakarta lainnya.
Mungkin karena itulah, cukup banyak masyarakat yang memberikan respons
positif dan memilih tinggal di kawasan permukiman yang dikembangkannya. ”Lebih
dari tiga perempat rumah yang telah kami bangun sudah terjual,”jelasnya.
Beberapa pengembang permukiman Rs Sehat juga membangun berbagai fasilitas.
Misalkan saja pada kompleks perumahan Griya Suradita Indah.Menurut Manajer
Produksi Perumahan Griya Suradita Indah, Boby Arisanto, kawasan permukimannya
telah dan akan membangun berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi. Hanya, untuk
dapat mempergunakan fasilitas yang dibangun pengembang, penghuni harus dikenakan
biaya. ”Fasilitas yang akan kami bangun adalah kolam renang dan lapangan tenis. Sedangkan outbond segera kami launching beberapa pekan ke depan,”tuturnya.
Berbagai fasilitas sengaja dibangun agar penghuni bias melakukan rekreasi bersama
keluarga atau berolahraga tanpa harus ke luar kawasan permukiman.Dengan begitu,
penghuni bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di dalam kawasan
permukiman.
Rumah tipe Rs Sehat yang sedang dipasarkan di perumahan Griya Suradita Indah
memiliki luas 29/72 dengan harga Rp55 juta. Arsitektur rumah yang dibangun adalah
minimalis, sesuai dengan keinginan masyarakat yang masih menyukai rumah minimalis.
Arsitektur minimalis dinilai sangat cocok untuk rumah Rs Sehat karena menimbulkan
kesan bangunan rumah menjadi lebih luas.
Kelebihan lain dari kawasan perumahan yang sedang dibangun, penghuni rumah
di kawasan permukiman mendapatkan bonus tanah tambahan.Ini tidak lepas dari
sistem rumah yang dibangun hanya berjejer dua. Setelah itu, akan ada tanah yang memisahkan. ”Perumahan yang kami bangun hanya berjejer dua. Baik ke depan, belakang ataupun samping sehingga penghuni bisa memiliki ruang yang lebih baik dalam melakukan aktivitas,”paparnya.
Perumahan Griya Suradita Indah tidak hanya memasarkan rumah tipe Rs Sehat
Beberapa tipe non-Rs Sehat yang sedang dipasarkan adalah tipe 30/92 seharga Rp92
juta, tipe 36/96 seharga Rp118 juta dan tipe 45/120 seharga Rp150 juta. Rumah
dengan tipe seperti itu sengaja dibangun agar pengembang memperoleh keuntungan
maksimal. Pasalnya, pengembang mengalami kesulitan untuk mendapatkan
keuntungan maksimal dari hanya membangun rumah Rs Sehat.
Walaupun termasuk kawasan permukiman Rs Sehat, perumahan ini ternyata cukup
kaya akses transportasi. Bagi yang naik transportasi umum, ada angkot selama 24
jam yang melalui kawasan permukiman, menuju pintu tol BSD City. Selain itu, ada
juga stasiun KA Cisauk yang jaraknya hanya 1,5 kilometer dari kawasan permukiman.
Hanya, dia menyebutkan, yang bisa mengambil rumah dengan tipe Rs Sehat di Griya
Suradita Indah hanya PNS.
Menurut GM perumahan Citra Indah Jonggol,Sinyo Pelealu, kawasan perumahan
yang dikembangkannya memiliki arsitektur Mediteranian tropis. Gaya arsitektur
tersebut dipilih dengan pertimbangan lebih tahan lama. ”Minimalis kurang maksimal
bila dipergunakan untuk membangun rumah-rumah dengan tipe seperti itu. Lagi pula kami ingin agar rumah penghuni terlihat kokoh,”tuturnya.
Perumahan Citra Indah Jonggol sedang memasarkan rumah dengan tipe 21/72
dengan harga Rp55 juta. Selain itu, ada juga beberapa rumah yangditawarkan mulai
Rp120 juta hingga Rp300 juta. Dari 8.000 unit rumah yang telah dipasarkan, setengah di
antaranya adalah rumah yang harganya di bawah Rp100 juta. Mengenai fasilitas, perumahan yang terletak di Jonggol, Bogor,Jawa Barat,ini telah menyediakan atau bekerja sama dengan pihak lain dalam mengadakan berbagai kebutuhan penghuni.

 
16 Komentar

Posted by pada September 21, 2008 in properti

 

16 responses to “Tak Kalah dengan Rumah Mewah

  1. mifaputri

    September 22, 2008 at 13:50 p09

    Terima kasih atas infonya,,,,…sangat bermanfaat.

    Silahkan berkunjung ke:
    http://id.wordpress.com/tag/arsitek-bangunan/

     
  2. cheriatna

    September 23, 2008 at 13:50 p09

    makasih atas artikelnya…… Good Luck….

    Silahkan berkunjung ke:
    http://pro-bangunan.com/

     
  3. puput

    September 25, 2008 at 13:50 p09

    Artikel “Tak kalah dengan rumah mewah” bagus juga…..
    Makasih infonya.

    Silahkan berkunjung ke:
    http://123rumah.wordpress.com/

     
  4. r15mi

    Oktober 9, 2008 at 13:50 p10

    Tertarik untuk beli rumah di citra indah
    klik saja http://r15mi.wordpress.com
    harga mulai 53jtan

     
  5. andi

    Desember 24, 2008 at 13:50 p12

    griya suradita indah vs bermis serpong asri bagusan mana yah? keduanya ada di lokasi yg sama soale.

     
  6. Arie

    Januari 7, 2009 at 13:50 p01

    Menurut saya, pengembang yang ada sekarang di Perumahan SURADITA INDAH sangat jelek after salesnya, banyak warga yang komplain tentang perumahan yang sudah dibangun ataupun baru tahap pembangunan.

     
  7. asri26

    Maret 24, 2009 at 13:50 p03

    tadinya sangat tertarik dengan perumahan griya suradita indah tapi masih belom tau
    citra developernya :((

     
  8. supriman

    Maret 27, 2009 at 13:50 p03

    Lg dipertimbangkan neh ambil rmh di suradita.
    Proses KPRnya ribet gak mas?

     
  9. hermansah

    Maret 30, 2009 at 13:50 p03

    pimpinan perusahaan yang mengembangkan perumahan suradita adalah ketua umum asosiasi perumahan sederhana indonesia (Apersi), Fuad Zakaria. mks

     
  10. hermansah

    Maret 30, 2009 at 13:50 p03

    pada prinsipnya semua bank memiliki persyaratan yg sama dalam menyetujui kpr. misalkan saja
    pengalaman kerja minimal 2 tahun dan sebisa mungkin bukan pegawai kontrak. Penghasilan minimal (bisa Joint income suami-istri), dan Total Kewajiban (termasuk angsuran lainnya) tidak melebihi 35% dari penghasilan.. mks

     
  11. Penghuni Blok D

    Mei 13, 2009 at 13:50 p05

    klau anda berencana mengambil perumahan cek betol kredebilitas pengembang,seperti perumahan puri arta yg di kelola PT Catur Mitra Persada.yang lokasinya di bojong gede.sangat tidak pemperhatikan fasumdan fasos.jalan masuk rusak parah, irigasi banyak yg tidak berfungsi,sampah tidak ada penampungan.terkesan pengembang hanya cari untung dr bangunan,bukan management perumahan yg bagus.
    Bodohnyanya lg Bank BTN sebagai penjamin tidak kontrol ketal kondisi lokasi perumahan.apakah layak lokasi perumahan seperti puriarta sentosa di jaminkan di Bank BTN sebesar 30jt?harap pertimbangkan kembali bila mau beli perumahan di PURI ARTA SENTOSA Bojong gede.

     
  12. arizona susanto

    Januari 20, 2010 at 13:50 p01

    kelihatannya rumah sehat, kalo tau sih sedih.. komplain dari pembeli hanya sebatas dicatat.. dan sangat sulit prosesnya.. listrik setelah akad di janjikan 4 bulan , jadi apanya yang sehat.. masih banyak lagi masalah rumah di griya suradita indah .. pemilik perlu mengeluarkan kocek sendiri, karena rumah yang dibeli tidak layak pakai… jadi saya bingung informasi yang ada tidak sesuai dengan kenyataan… karena saya beli rumah tersebut setelah akad kredit .. rumah tidak bisa dipakai (saluran air kotor km saja tidak jelas airnya mengalir kemana.. septic tank dalamnya hanya 60cm, belom lagi dinding yang belok 2, bocor, listrik tdk ada … pokoknya kacau deh… komplain selama ini masih cuma di catat.. niat beli rumah langsung dipakai.. malah jadi cuma buat tontonan… cape protesnya…

     
  13. Arizona

    Januari 21, 2010 at 13:50 p01

    ga salah tuh tulisannya, saya kecewa berat .. setelah akad… listrik dijanjikan 4 bulan, septic tank dalamnya cuma 60cm, saluran air kotor km kacau, dinding melintang, sana-sini bocor.. sumur air harus ngebor ulang.. cat kotor sekali, seperti itu kok bisa ya bilang rumah layak, sekelas real estate rumah mewah.. layak huni saja tidak.. komplain hanya alakadarnya di benerin… jadi apa yang layak..hati 2 mulut manis penjual … brosur boleh keren… spesifikasi boleh terlihat layak… hati-hati untuk Griya Suradita Indah…

     
  14. adhy

    April 23, 2010 at 13:50 p04

    menyediakan jasa perpajakan,pembukuan hub adhy purnama 081584995607.harga nego

     
  15. arizona

    Juni 9, 2010 at 13:50 p06

    bohong

     
  16. sri budi yanti

    Juni 26, 2010 at 13:50 p06

    klu type 22/72 masih ada kaga ? kalau masih informasiin dong ke aq di tunggu di email ku ya (berikut no telp yg hrs dihubgi

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: