RSS

Merintis Usaha Salon Mobil

13 Nov

Merintis usaha perlu landasan yang kokoh dalam menjalankannya. Memang benar, tidak ada hal yang mudah di dunia ini. Tapi anda bisa memulainya dengan sesuatu yang benar-benar disukai. Setidaknya ini akan mengurangi beban akibat terlalu banyak bekerja karena kita menyukai hal itu. Dan bonusnya, anda akan memperoleh bayaran untuk mengerjakan kegemaran itu.

Bagi anda penggemar automotif dengan kantong modal cukup memadai ditambah jiwa wirausaha yang kuat jangan ragu untuk memulai usaha sendiri. Satu hal yang perlu anda perhatikan jangan khawair karena jumlah konsumen yang ada di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan yang besar. Tahun ini saja, Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan pasar mobil nasional sebanyak 580.000 unit.

Sekarang pertanyaannya adalah usaha apa yang perlu menjadi pertimbangan? Jawabannya, usaha salon mobil.

Satu hal yang perlu dicamkan, tulisan ini hanya sekedar untuk membagi pengetahuan seberapa besar peluang usaha yang bisa diperoleh dari Salon Mobil. Namun, seluruh keputusan anda memulai suatu usaha harus penuh pertimbangan.

Tengoklah yang dilakukan Iman Julian Harahap, 34, yang memulai usaha salon mobilnya berkat kegemarannya melihat mobil kinclong. Pria lulusan Universitas George Washington, Washington DC, Amerika Serikat ini rela melepaskan status kepegawaiannya di dunia perbankan dengan jabatan Manager di salah satu Bank Asing terkemuka untuk memulai usahanya sendiri.

“Saya memang gemar melihat mobil yang terawat dengan baik, ini menjadi pacuan bagi hati tersendiri untuk memulai usaha,” ujar Iman.

Usahanya salonnya bisa dibilang memang dirintis dari nol. Dua bulan sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya, Iman sudah mulai menyelami usaha salonnya. Mulai dari mencari lahan usaha, membentuk badan usaha, hingga mencari pemasok produk polesan.

“Kita kemudian membuat Car Spa, dengan alasan kualitas yang kita tawarkan berada satu langkah lebih baik dibandingkan salon mobil biasa. Saya melihat salon mobil yang ada saat ini belum memenuhi standar kualitas yang saya bayangkan, untuk itu saya pikir masih ada peluang usaha di sini,” kata Iman.

Dengan semangat itu, Iman bertekad untuk segera menjalankan usahanya. Namun, Iman sempat kekuranga dana untuk membuat impiannya menjadi kenyataan. Bagai gayung bersambut, seorang rekan kuliah Iman semasa di Amerika Serikat menyatakan ingin memulai usahanya.

“Akhirnya kita berdua memulai usaha ini, dan mulai berdiri pada tahun 2002 dengan menyewa delapan orang karyawan,” jelas dia.

Sebagai pekerja keras, Iman tidak ragu untuk turun langsung menangani mobil yang masuk ke salon miliknya. Dengan konsep spa mobil yang diusungnya, ternyata memperoleh sambuta baik dari konsumen.

“Modalnya dulu sekitar Rp1miliar, dan setelah tiga tahun kita bisa memperoleh modal usaha kita kembali,” papar dia.

Setiap bulannya, rerata sebanyak 300 unit mobil masuk memperoleh perawatan ala spa di tempatnya. Total pendapatan yang diperolehnya setiap bulan bisa menacapai modal pertama disaat dia memulai usahanya sbesar Rp1miliar.

“Tapi itu pendapatan, pengeluaran kami juga besar khusunya untuk menjaga kualitas pelayanan sekaligus pembelian bahan polesan,” kata dia.

Salon Mobil Tertua

Bisnis usaha salon mobil di Indonesia tidak bisa terlepas dari nama HAS, sebuah salon mobil yang dituakan dalam bisnis polesan ini. Bagaimana tidak, sejak 1989 salon ini sudah berdiri disaat pengusaha lain belum melihat peluang usaha ini.

Akbar Bambang Sarwono, 65, pria paruh baya ini mengawali usaha poles mobilnya ini dari tetesan keringatnya sendiri. Ketrampilan memols mobil diperolehnya dari sang ayah yang bekerja sebagai pembersih jendela sebuah kapal uap yang berbahan bakar batu bara pada jaman Belanda.

Dari keterampilan ini, pria yang gemar automotif ini mulai ada peluang bisnis untuk bidang yang diminatinya di Jakarta. Langkah demi langkah coba dilaluinya dengan penuh kesabaran.

“Pertamanya saya khusus hanya membersihkan kaca saja sejak tahun 1986. Slogannya, Burem Jadi Bening,” kata Akbar.

Usaha salonnya dimulai dari garasi mobil di rumahnya di bilangan Pluit Jakarta Utara. Akbar mengambil ide membuka salon mobil ketika melihat banyaknya mobil mewah yang ada di Jakarta dan membutuhkan sentuhan agar tetap tampil kinclong.

Usahanya ini lalu berkembang ke arah lebih serius dengan meluaskan usaha polesannya ke body mobil. Keterampilannya pun berlanjut, setelah makin mendalami usahanya, interior mobil pun menjadi garapan selanjutnya.

“Jadi saya paketkan layanan ini menjadi satu yakni, kaca, cat dan interior,” jelas dia.

Dengan berjalannya waktu, salonnya mulai ramai pelanggan. Untuk meingkatkan penualan, Has merelokasi usahanya ke kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Berdekatan dengan kawasan elit Pondok Indah, Has Salon Mobil semakin dikenal banyak kolongmerat di wilayah ini.

“Target kami naikan menjadi para pengguna mobil mewah karena mereka tak memiliki waktu dan kemampuan merawat mobil tapi ingin selalu tampil kinclong,” jelas dia.

Hingga kini Has telah menjadi salah satu salon mobil tersukses di Indonesia. Salon ini sudah berdiri di empat cabang, yakni dua di Radio Dalam, Cilandak dan Kelapa Gading. Hingga kini, kartu keanggotaan Has sudah lebih dari 8.000 anggota. Estimasi omzet Has bisa mencapai Rp8miliar per tahun.

Berkat prestasinya menggeluti usaha salon mobil di Indonesia, Akbar memajang plakat penghargaan yang tertulis “Pemrakarsa Salon Mobil Pertama di Indonesia” dari Musium Rekor Indonesia pada Agustus tahun 2003.

“Sekarang jenis kendaraan yang kita poles bukan cuma mobil, tapi juga kapal pesiar dan pesawat terbang milik para konglomerat,” jelas dia. (Seputar Indonesia)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2008 in wealth management

 

3 responses to “Merintis Usaha Salon Mobil

  1. Ryan Maciato Arwah Nimbuzzer

    Desember 4, 2011 at 13:50 p12

    wah saya salut denagan riwayat berdirinya salon HAS hingga mencapai sukses besar ”pokoke dari saya mah salam ”super az dah….! btw saya minta saran nich bos saya pengen merintis usaha salon mobil tapi dengan modal minim
    kalo buat bikin usaha salon panggilan seh kayak nya udah mencukupi tapi apa aja ya metode yg harus saya lakukan ”tolong ajarin ”donk step by step nya…!

    di ”tunggu balasan nya…!

    ”thankz…!

     
  2. mahmudi

    November 19, 2013 at 13:50 p11

    mantap….menginspirasi utk jd entrepeneur,,,,

     
  3. Peluang Bisnis Salon Mobil

    Februari 9, 2014 at 13:50 p02

    Yuk, yang mau memulai sukses merintis dan mengembangkan bisnis salon mobil bisa mulai dengan modal relatif kecil. Lihat ke http://www.salonmobil.co.id

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: