RSS

Unit Link, Perlidungan Jiwa Sekaligus Investasi

22 Nov

Sejak beberapa tahun yang lalu, di Indonesia mulai marak dipasarkan produk-produk asuransi unit link. Unit link adalah produk asuransi yang menggabungkan layanan asuransi dan investasi sekaligus. Dengan menjadi nasabah produk unit link, seseorang bisa mendapatkan manfaat ganda yaitu perlindungan asuransi dan investasi. Produk asuransi yang ditawarkan bisa berbentuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, tetapi biasanya dipasarkan dalam kemasan yang lebih menarik bagi masyarakat: misalnya tabungan masa depan atau asuransi pendidikan.
Seperti halnya asuransi biasa, nasabah asuransi unit link membayar premi setiap jangka waktu tertentu, biasanya bulanan. Perbedaannya, nasabah unit link membayar premi dalam dua porsi: porsi premi perlindungan dan porsi investasi. Premi perlindungan berfungsi sama dengan premi pada asuransi biasa. Sedangkan porsi investasi akan disetorkan oleh perusahaan asuransi kepada manajer investasi untuk dikelola. Pada produk-produk tertentu, jika nantinya return dari investasi bisa menutupi biaya premi, maka nasabah memiliki pilihan untuk tidak membayar premi.
Mekanisme investasinya sendiri dilakukan secara lebih transparan karena dana investasi tersebut dikelola secara terpisah sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada nasabahnya. Model investasinya mirip dengan reksa dana yang dana nasabahnya diwakilkan dengan unit penyertaan sesuai dengan besarnya dana yang diinvestasikan. Jadi, bisa dikatakan juga nasabah berinvestasi dengan cara membeli unit penyertaan.
Bedanya dengan reksa dana hanyalah pada pencantuman nilainya saja. Pada reksa dana, nilai setiap unit penyertaan diwakili dengan satu harga saja yang ketika membeli atau menjual akan terkena biaya tambahan. Sedangkan pada unit link, harga setiap unitnya dibedakan menjadi harga jual dan harga beli sehingga nasabah tidak dikenakan biaya tambahan lainnya kecuali selisih harga tersebut saja.
Corporate Communications Allianz Indonesia Agung Priambadha mengatakan, pihaknya membangun beberapa skema investasi dalam unit link yang dikembangkan pihaknya. Premi yang dibayar diinvestasikan ke masing-masing jenis fund yang ada yang dipilih oleh nasabah seperti Money Market Fund, Fixed Income Fund, Balanced Fund dan Equity Fund.
Smartlink Rupiah Money Market Fund, menawarkan perlindungan nilai pokok dan mempertahankan likuiditas dengan menyediakan pendapatan tetap melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek yang berkualitas tinggi seperti deposito, SBI atau reksadana dan obligasi dibawah satu tahun.
Smartlink Rupiah Fixed Income Fund, menawarkan pendapatan yang stabil dengan menjaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti deposito, SBI atau reksadana, instrumen jangka panjang seperti obligasi.
Smartlink Rupiah Balanced Fund, menawarkan pertumbuhan modal jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan yang stabil melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti deposito, SBI atau reksadana, instrumen jangka panjang seperti obligasi dan instrumen saham.
Sedangkan Smartlink Rupiah Equity Fund, menawarkan pendapatan jangka panjang yang maksimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek seperti deposito, SBI atau reksadana dan instrumen saham baik langsung atau melalui reksadana.
Disini nasabah bisa memilih jenis fund sesuai dengan profil resikonya apakah Konservatif, Moderat atau Agresif. Allianz Indonesia juga menawarkan produk Unit Link yang berbasis syariah. Sebagai diverensiasi dari jenis fund konvensional. Unit link yang berbasis syariah memiliki pasar yang cukup besar.
Dia menjelaskan, Allianz Smartlink memberikan manfaat perlindungan berupa asuransi seumur hidup hingga 100 tahun dan juga Asuransi tambahan seperti perlindungan terhadap 38 penyakit kritis seperti kanker, jantung, kecelakaan, cacat tetap total dan juga penggantian biaya kesehatan. Manfaat lainnya adalah hasil investasi yang maksimal dengan pertumbuhan rata-rata yang relatif lebih tinggi daripada berinvestasi di bank.
Harga unit Link yang dikembangkan pihaknya selalu berkembang setiap harinya dan Allianz juga selalu memberikan informasi perkembangan harga unit secara transparan setiap harinya di media masa dan juga website Allianz Indonesia http://www.allianz.co.id . Selain itu Allianz juga berikan laporan bulanan untuk masing- masing fund yaitu Monthly Fund Fact yang berisi informasi mengenai perkembangan investasi mulai dari per satu bulan, tiga bulan, sejak diluncurkan dan pertumbuhan rata-rata fund tersebut. ”Juga tersedia komentar investasi mengenai perkembangan yang terjadi yang dapat menjadi acuan Anda dalam berinvestasi,” katanya saat dihubungi SINDO
Cara dan syarat mengajukan klaim sangat mudah. Secara umum yang dibutuhkan adalah polis asli, bukti pembayaran premi terakhir, surat keterangan dari pihak berwenang seperti dokter atau kepolisian dan juga mengisi formulir klaim. Semua cara dan syarat ini dapat dilihat di website kami http://www.allianz.co.id di bagian layanan.
Dia menjelaskan, Allianz Smartlink dapat dimiliki mulai dari anak usia 1 bulan hingga 70 tahun. Calon hanya perlu mengisi surat pengajuan Asuransi disertai copy identitas diri. Setelah itu, masyarakat dapat memilih cara pembayaran premi yang fleksibel yaitu bulanan, 3 bulanan, semesteran, tahunan atau single (sekali bayar). Preminya pun bisa di alokasikan mulai dari Rp10.000 perhari atau mulai dari Rp 300.000 perbulannya.
Dia menambahkan produk unit linked ini adalah produk jangka panjang dan menengah, namun apabila ingin melakukan penarikan sebagian atau seluruh dananya hal ini dapat dilakukan kapan saja dan cukup mengisi form perubahan polis disertai copy identitas diri.
Sementara Direktur Pemasaran Jiwasraya De Yong Adrian menerangkan Jiwasraya pertama kali meluncurkan produk Unit link pada 2002 yang diberi nama JS Link Fixed93 dan JS Link Fixed95. Dengan satu jenis reksadana yaitu Fixed Income Fund dan dengan cara bayar sekaligus.
Untuk memperkaya jenis reksadana maka pada tanggal 28 Agustus 2008 Jiwasraya kembali meluncurkan produk New JS Link dengan tiga varian produk yaitu, JS Link Fixed Income Fund, JS Link Balanced Fund, dan JS Link Equity Fund. Untuk JS Link Fixed Income Fund memiliki skema investasi Obligasi minimum 80%, pasar uang maksimum 20%. JS Link Balanced Fund memiliki skema investasi saham minimum 35%, pasar uang minimum 35% dan Obligasi minimum 35%. Sedangkan skema investasi JS Link Equity Fund adalah saham minimum 80%, pasar uang maksimum 10%. ”Dengan skema seperti diatas maka diharapkan nasabah akan mendapatkan hasil investasi dan proteksi yang maksimal,” harapnya.
Nasabah produk New JS Link dapat memilih carabayar sekaligus atau berkala sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Produk New JS Link dapat disesuaikan dengan semua kebutuhan nasabah yaitu kebutuhan akan Dana Pendidikan putera dan puteri, Dana pensiun hari tua, dan dana untuk kebutuhan yang tidak terduga.
Seperti produk asuransi lainya untuk menjadi nasabah New JS Link calon nasabah dapat menghubungi kantor Jiwasraya terdekat mengisi formulir Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) dan melakukan pembayaran premi, maka calon nasabah sudah dapat menjadi nasabah New JS Link.
Nasabah dapat merubah jenis reksadana yang diinginkan dan disamping hasil investasi dan manfaat proteksi maksimal, nasabah juga dapat menarik dana yang dimiliki jika nasabah membutuhkan dana tunai dan tidak dikenakan biaya penarikan.
Begitu juga jika terjadi risiko meninggal dunia terhadap tertanggung, pengajuan klaim asuransi sangat mudah yaitu dengan melengkapi dokumen-dokumen. Beberapa diantaranya adalah, polis asli, kwitansi pembayaran terakhir. Kemudian tanda jati diri tertanggung dan penerima manfaat, surat keterangan meninggal dunia dari pejabat berwenang. Serta surat keterangan penyebab kematian dari Rumah Sakit yang merawat tertanggung dan mengisi dan menandatangani formulir klaim oleh penerima manfaat asuransi. (Seputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 22, 2008 in wealth management

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: