RSS

Pengembang Mulai Perhatikan Lingkungan??

11 Des

Pada beberapa tahun lalu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi banyak memiliki danau kecil, rawa ataupun situ. Namun sayangnya pada saat itu sejumlah pengembang belum menyadari pentingnya keberadaan rawa atau situ sebagai daerah resapan air.
Pasalnya pada saat itu pengembang menggusur daerah resapan air karena dianggap tidak punya nilai ekonomi.
Selain mencegah banjir, daerah resapan air berperan penting dalam konservasi air dan tanah. Air yang diserap disimpan di dalam tanah atau akar-akar tanaman sehingga dapat dimanfaatkan lagi sebagai sumber air tawar. Sebaliknya jika hanya mengalir ke sungai dan laut, air menguap begitu saja dan menjadi hujan. Jadi air itu tidak pernah tersimpan sebagai cadangan air tanah.
Ketua Umum DPP Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi) Tirta Setiawan, menjelaskan, danau bisa menjual karena bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi bagi penghuni kawasan perumahan. Biasanya kawasan perumahan yang memiliki konsep seperti itu terletak di Bogor. ”Danau di Bogor terkenal alami dan indah,” terangnya saat dihubungi SINDO.
Pengembang berusaha memperindah danau di kawasan perumahannya karena danau bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Apalagi bila suasana yang dibangun sangat alami dan pengembang bias menjaga agar kondisi danau menjadi lebih bersih. Tentunya akan menarik minat masyarakat untuk tinggal di tepi danau.
Bila tepi danau ditambah dengan taman bermain, taman atau sarana olahraga, tentunya akan semakin banyak jumlah masyarakat yang tinggal di tepi danau. Karena hal itu akan menarik masyarakat yang tinggal di luar kawasan perumahan untuk datang. Tujuannya adalah untuk rekreasi dan bermain bersama keluarga. ”Beberapa perumahan di Bogor telah melakukan itu,” terangnya.
Dengan begitu, kawasan perumahan bisa menjadi lebih ‘hidup’ karena ramai dikunjungi masyarakat. Kondisi tersebut tentunya akan meningkatkan nilai jual kawasan perumahan, khususnya rumah yang memiliki view danau. Apalagi biasanya rumah yang memiliki view danau jumlahnya relatf terbatas. (Seputar Indonesia).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 11, 2008 in properti

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: