RSS

Apartemen Sewa, Hunian Mewah untuk Ekspatriat

17 Jan

Apartemen merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartment. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.
Selain apartemen strata tittle atau milik, di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia telah terdapat apartemen sewa dan apartemen serviced. Pada apartemen sewa, pengembang tidak menjual unit apartemen yang dibangunnya, melainkan disewakan. Apartemen serviced juga disewakan, tapi pengelola apartemen juga memberikan pelayanan lainnya seperti hotel berbintang. Jangka waktu sewanya sangat beragam, mulai harian hingga 35 tahun.
Marketing Manager Senayan City Residences, Halina, menjelaskan, Senayan City Residences mulai disewakan sejak awal 2008. pihaknya sengaja membangun apartemen sewa karena melihat besarnya pasar apartemen sewa. Apalagi Senayan merupakan daerah strategis karena banyak terdapat perkantoran dan kedutaan asing.
Gaya arsitektur Senayan City Residences adalah modern minimalis. Arsitektur itu dipilih karena mengikuti arsitektur Senayan City yang juga modern minimalis. Senayan City Residences memiliki jumlah yang terbatas yakni hanya 67 unit. Masing-masing lantai hanya tersedia tiga unit. ”Masing-masing unit memiliki privat lift,” jelasnya kepada SINDO.
Ada empat tipe yang dipasarkan, yakni type A seluas 207m2 dengan tiga kamar tidur dan satu ruang kerja. Type B seluas 235 m2 dengan dua kamar tidur. Type C seluas 243 m2 dengan tiga kamar tidur dan satu ruang kerja. Kemudian type C dengan luas 239 m2 dengan tiga kamar tidur dan satu ruang kerja. Pada lantai paling atas terdapat dua unit Penthouse dengan luas 440 m2.
Harga sewa perunit Senayan City Residences berkisar antara USD3.900/bulan hingga USD4.500/bulan. Namun harga sewa tersebut tidak termasuk berbagai service kepada penghuni. Kalau penghuni ingin mendapatkan service maka akan dikenakan USD5.000/bulan. Dari 75% penghuni SEnayan City Residences sebagian besar memilih pihaknya untuk melakukan service terhadap unit apartemennya.
Waktu minimal sewa unit apartemen di tempatnya adalah satu tahun. Pihaknya tidak akan keberatan kalau kemudian penghuni memutuskan untuk memperpanjang sewa unit apartemen. Bagi masyarakat yang berencana tinggal lama, Senayan Residences memiliki paket pilihan tinggal selama 35 tahun. Tentunya pihaknya akan memberikan diskoun harga sewa bagi yang mempergunakan paket tersebut.
Mengenai fasilitas, tuturnya, penghuni Senayan Residences tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk berolahraga. Selain lokasinya yang dekat dengan Istora Gelora Bung Karno. Di internal apartemen juga terdapat beberapa sarana olahraga seperti kolam renang, lapangan tennis, dan area aerobic. Untuk anak-anak, pengelola juga menyediakan taman bermain anak dan kolam renang anak.
Dia mengklaim pada saat ini Senayan City Residences merupakan satu-satunya apartemen sewa dengan memiliki view lapangan Golf. Ini karena semua penghuni apartemen sewa bisa langsung melihat lapangan golf yang terdapat di istora senayan. Sehingga penghuni akan melihat pemandangan pepohonan dan rumput yang hijau dan terawat. ”Sebagian besar penghuni di sini warga asing dari berbagai Negara,” jelasnya.
Pada saat ini, masih 15 unit apartemen yang belum disewa. Namun dia berkeyakinan dalam waktu yang tidak lama unit apartemennya akan segera laku disewa. Selain karena berbagai kelebihan tersebut. Lokasi Senayan City Residences juga sangat strategis sehingga memudahkan penghuni bepergian ke sejumlah tempat di Jakarta.
Sementara Chief Marketing Officer PT Bakrie Swasakti Utama (PT BSU) Ferry S Supandji menambahkan, Aston Rasuna Residences (ARR) merupakan salah satu property Bakrie yang mempergunakan dua cara yakni dijual secara strata-title dan sebagian lagi sebagai apartemen sewa (service apartment). Pengelolaannya diserahkan kepada Aston International.
Sewa bulanan di ARR mulai dari Rp17 juta hingga 20 juta. Apartemen sewa dengan konsep modern minimalis ini menawarkan tempat tinggal nyaman dan penuh keramahan. Pensewa dapat memilih dalam jangka waktu pendek (short ), harian, bulanan atau panjang (long staying guest), dan dimana setiap unit/ kamar adalah Suite.
Fasilitasnya pun cukup lengkap, meliputi ruang rapat (banquet meeting room), business center, akses internet, mini market (Star Mart), toko obat Guardian, pusat kebugaran, dua kolam renang, lapangan tenis, jogging track, lapangan bola basket, fasilitas parkir, dan akses yang sangat mudah untuk menggunakan golf driving range.. Dibandingkan tinggal di hotel, Ferry mengklaim tentu akan lebih menguntungkan bila mensewa apartemen sewa di ARR.
Dia menjelaskan, kelebihan tinggal di apartemen sewa daripada hotel adalah, penyewa tidak hanya memperoleh kamar tidur atau kamar mandi saja. Tapi juga mendapatkan dapur dan ruang tamu. Bukan hanya itu, walaupun tinggal di apartemen, pelayanan dan fasilitas yang tersedia hotel bintang empat.
Warga eskpatriat menjadi target pasar dari apartemen sewa yang terletak di Kuningan ini. Ini karena sejumlah kedubes banyak berdiri di Kuningan. Bukan hanya itu, di Kuningan juga banyak terdapat perusahaan yang memperkerjakan ekspatriat. ”Lokasinya memang sangat strategis,” jelasnya.
Direktur Humas Hotel dan Residences Shangri-La Jakarta Ratna Sjamsiar Idris, menerangkan, Apartemen Shangri-la Residences terdiri dari dua menara yang masing-masing memiliki 31 lantai. Masyarakat yang memilih menyewa apartemen di Menara Jasmine tidak perlu lagi membawa furniture ke dalam apartemen karena semuanya telah komplit. Sedangkan Menara Lotus disewakan kosong alias tanpa furniture. Tiap menara menyuguhkan unit apartemen dua kamar (luas 180 meter persegi), tiga kamar (236 meter persegi), dan tiga kamar plus kamar kerja (327 meter persegi). ”Apartemen yang kami bangun, memang bukan untuk dijual. Melainkan disewakan,” terangnya
Batas minimal sewa di Residences Shangri-La adalah tiga bulan. Dengan batasan waktu tersebut, terang dia, Residences Shangri-La membidik warga eks patriat yang memiliki kepentingan bisnis atau ditugaskan bekerja di Jakarta menjadi pasar utama apartemen sewa Shangri-La. Tarif sewa berkisar USD3.000 hingga USD20.240 per bulannya.
Untuk memberikan rasa aman kepada penghuni, pihaknya juga mempergunakan teknologi identifikasi sidik jari. Hanya sidik jari yang telah terdaftar saja yang bisa mengakses ke unit apartemen ataupun Penthouse. Sistem ini bekerja untuk mengidentifikasikan setiap penghuni yang masuk masuk ke dalam setiap unit. Pola kerjanya, pada waktu kedatangan, para tamu dan anggota keluarga diwajibkan memberikan sidik jarinya dan disimpan ke dalam data akses keamanan Residences.
Shangri-La Residences berlokasi di CBD (central business district) Sudirman, Jakarta. Letak apartemen tersebut bersanding dengan Shangri-La Hotel. Jadi, selain bernama kembar, lokasi hotel dan apartemen tersebut bersisian. Ini tak mengherankan karena hotel dan apartemen tersebut dikelola pihak yang sama, yakni Shangri-La Hotel and Resorts, sebuah grup hotel mewah yang bermarkas besar di Hong Kong.
Fasilitas umum yang ada di Shangri-La Residences sangat lengkap. Di kompleks rumah menjulang nan megah itu ada kolam renang sepanjang 32 meter, kolam renang untuk anak, sarana barbeque, tempat sauna, ruang olah raga nan lengkap, ruang rapat dan ruang duduk, serta jogging track. Semua unit apartemen di Shangri-La Residences dilengkapi sistem komunikasi mutakhir seperti 57 saluran televisi, internet berkecepatan tinggi bertaraf broad band, dan IDD dengan sistem kotak suara penyimpan pesan.
(Seputar Indonesia

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 17, 2009 in properti

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: