RSS

Beli Kavling Lebih Leluasa TEntukan Desain Rumah

01 Feb

Selain menawarkan rumah jadi, sejumlah pengembang juga menjual kavling. Pengembang sepertinya ingin memberikan banyak alterlatif kepada masyarakat untuk tinggal di kawasan perumahan yang sedang dikembangkannya. Semakin banyak pilihan tentunya akan membuat masyarakat semakin tertarik membeli property di kawasan yang dikembangkan pengembang.
Dengan menjual kavling, masyarakat bisa menentukan sendiri desain rumah yang dibangun. Hal itulah yang tidak bisa didapatkan bila membeli rumah. Padahal belum tentu desain yang ditentukan pengembang disukai calon pembeli. Walaupun sebenarnya calon pembeli ingin sekali membeli property di kawasan hunian tersebut.
Salah satu kawasan perumahan yang memasarkan kavling adalah Citra Garden. Menurut Deputi GM Citra Garden, Yusanto, pihaknya sengaja menjual kavling untuk mengakomodir kebutuhan calon konsumen yang menginginkan memiliki rumah sesuai dengan desain yang disukai.
Lokasi kavling yang dikembangkan Citra Garden terletak di Citra 2 Extension, Cengkareng, Jakarta Barat. Ukuran kavling yang ditawarkan pengembang mulai dari 8m2x18m2 hingga 8m2x20m2. Sedangkan harganya mulai dari Rp2,4 juta/m2. Untuk mempermudah masyarakat membeli kavling di Citra Garden, pengembang memperbolehkan konsumen untuk terlebih dahulu membayarkan Down Payment (DP) sebesar30%. Sedangkan sisanya bisa diangsur selama 18 bulan tanpa bunga.
Menurutnya, ada beberapa konsumen yang lebih menyukai membeli kavling daripada membeli rumah. Alasannya ternyata cukup sederhana. Dengan membeli kavling, konsumen bisa lebih leluasa memberikan berbagai sentuhan kepada rumah yang dimilikinya. Baik dalam bentuk desain rumah ataupun tata ruangnya. ”Tentu Kami tidak bisa mengabaikan hal itu,” tuturnya saat dihubungi SINDO.
Kalau konsumen menginginkan, pihaknya bisa saja memberikan alternative desain kepada pembeli kavling. Langkah tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian Citra Garden kepada konsumen sekaligus untuk menyesuaikan bangunan rumah yang dibangun dengan lingkungan tempat tinggal.
Kepada konsumen yang telah membeli kavling, Citra Garden memberikan batas waktu selama dua tahun untuk membangun rumah di atas kavling yang dimilikinya. Kendati begitu, Citra Garden belum pernah memberikan sangsi kepada konsumen yang melewati batas waktu pembangunan kavling yang telah ditentukan. Pasalnya, sebagian besar pemilik telah membangun kavling yang dimiliki sebelum batas waktu yang ditentukan pengembang.
Dibandingkan kavling yang ditawarkan pengembang lainnya, terang Yusanto, kavling yang disediakan Citra Garden relatif lebih strategis. Ini tidak terlepas dari lokasi yang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Serta dekat dengan pusat jalan raya menuju pusat kota. ”Apalagi ini masuk Jakarta. Pastilah banyak masyarakat yang berminat,” jelasnya.
Selain Citra Garden, ternyata masih ada kawasan hunian di Jakarta yang menyediakan kavling. Salah satunya adalah kawasan perumahan yang dikembangkan PT Jaya Ancol. Menariknya, kavling yang dijual PT Jaya Ancol hanya berkisar antara 70 meter hingga 100 meter dari bibir pantai.
Menurut GM Departemen Penjualan Property PT Pembangunan Jaya Ancol, Roysan Aruan, pihaknya menyediakan beberapa kavling dengan luas tanah antara 400m2 hingga 700m2. Kavling tersebut terletak di klaster The Green, Ancol. Satu-satunya konsep perumahan yang menawarkan kombinasi konsep warna biru dan hijau. ”Harganya mulai dari Rp4 miliar hingga Rp7 miliar,” jelasnya.
Karena letaknya tidak jauh dari bibir pantai, tentunya pemilik kavling yang telah membangun rumah di kawasan tersebut akan mendapatkan view laut yang indah. Udaranyapun jauh lebih bersih dibandingkan tempat lain. Tidak heran kalau sebagian besar komunitas pemilik rumah di Ancol menjadikan tempat tinggalnya sekaligus sebagai tempat beristirahat.
Untuk menjaga kelestarian lingkungan, PT Pembangunan Jaya Ancol telah membuat sejumlah rambu bagi pemilik yang hendak membangun rumah di atas kavling yang dibelinya. Salah satunya, rumah yang dibangun harus mempergunakan desain tropical modern.
Desain tersebut dipilih karena sangat cocok dengan lingkungan perumahan yang dekat pantai. Selain itu, desain itu juga hemat energi karena meniscayakan angin lebih leluasa masuk ke dalam rumah. Sinar Matahari juga bisa menghangatkan semua ruangan yang terdapat di dalam rumah. ”Tinggi lantai satu juga tidak boleh melebihi dari yang telah ditentukan,” terangnya.
Dalam jangka waktu tiga tahun, pemilik kavling diharapkan bisa membangun rumah yang dibeli. Hal itu dimaksudkan agar klaster yang sedang dikembangkan PT Pembangunan Jaya Ancol lebih cepat berkembang. Kalau melebihi batas waktu, pemilik akan dikenai sanksi membayar perawatan lingkungan yang besarnya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.
Kendati cukup banyak ketentuan yang diterapkan pengembang, namun dia mengaku, kavling tanah yang dijual mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Selain karena dekat dengan pantai, kavling yang terletak di klaster The Green juga berdekatan dengan tiga pintu exit tol dalam kota yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Kemayoran. Penghunipun dikelilingi dengan kemudahan berekreasi di pantai Ancol, berbelanja di pusat perdagangan, dan menjalankan aktivitas di pusat pemerintahan kota.
Pemilik rumah yang dikembangkan PT Pembangunan Jaya Ancol tidak perlu khawatir privasinya terganggu oleh masyarakat yang bertamasya di Ancol. Karena menurutnya, tidak seorangpun yang bisa masuk ke kawasan hunian tanpa lepas dari deteksi petugas keamanan. Sebab sebelum tiba ke kawasan hunian, harus terlebih dahulu melalui tiga pintu gerbang. (Seputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 1, 2009 in properti

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: