RSS

Deposito Investasi yang Likuid

01 Feb

Saat ini suku bunga deposito yang ditawarkan bank-bank relative tinggi. Semakin besar nominal dan semakin lama jangka waktu deposito suku bunga yang ditawarkan akan semakin besar. Memang apabila dibandingkan dengan return saham, jumlah ini sangat jauh. Akan tetapi untuk enam bulan ke depan ini merupakan salah satu alternatif investasi yang dapat dipertimbangkan karena keadaan pasar modal tidak akan dapat pulih secepat membalikkan telapak tangan.
Deposito merupakan investasi yang sangat likuid, return yang diperoleh tetap, risiko gagal bayar sangat kecil terlebih adanya jaminan dari LPS. Hal ini juga akan membantu bank dalam likuiditas sehingga perkreditan akan dapat jalan kembali yang akhirnya akan membantu sektor rill semakin cepat berputar.
Direktur Treasury and Marketing Bank Tabungan Negara (BTN) Saut Pardede, mengatakan, pihaknya memiliki beberapa pilihan, yakni Deposito Berjangka Rupiah, Deposito Berjangka Valas dan Sertifikat Deposito yang merupakan simpanan dalam bentuk deposito berjangka yang sertifikat bukti penyimpanannya dapat dipindahtangankan.
Manfaat sertifikat deposito adalah dapat diperjualbelikan dan dipindahtangankan dengan cara penyerahan. Bunga dibayarkan dimuka. Serta dapat dibuka di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang Bank BTN. Sertifikat deposito diperuntukkan bagi perseorangan atau perusahaan. Nasabah bisa memilih jangka waktu penempatan yaitu, satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan 12 bulan. Sedangkan denominal sekurang-kurangnya Rp5 juta. ”Bunga yang ditawarkan berkisar 7% hingga 8% untuk rentang waktu satu sampai enam bulan. Sedangkan 12 hingga 24 bulan mencapai 8%,” paparnya saat dihubungi SINDO.
Dengan memiliki deposito di BTN, berarti masyarakat ikut serta dalam melancarkan program pengadaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Karena pada saat ini hanya BTN saja bank yang menyediakan KPR bagi masyarakat yang hendak membeli rumah menengah ke bawah.
Sebagai bank yang sahamnya seratus persen dimiliki pemerintah, maka tidak ada alasan bagi nasabah khawatir memiliki deposito di BTN. Pemerintah tidak mungkin membiarkan bank yang dimilikinya mengalami kesulitan likuditas. Namun hal itu nampaknya akan sulit terjadi karena pada saat ini BTN masuk dalam kategori bank sehat.
Karena itulah, dia berkeyakinan deposito di BTN bisa jadi alternative investasi jangka pendek. Pada saat ini, cukup banyak nasabah yang membuka deposito di BTN dalam jangka waktu hingga tiga bulan. ”Ini tidak terlepas dari menariknya bunga deposito yang ditawarkan BTN,” tuturnya.
Selain deposito konvensional seperti deposito dalam mata uang rupiah, dan valuta asing, Bank Bukopin mempunyai deposito yang bernama Deposito ‘Merdeka’. Menurut Kepala Divisi Managemen Penjualan Konsumer Bank Bukopin Chitra Setyawati, keunggulan deposito ‘Merdeka’ terletak pada dibebaskannya nasabah mengambil deposito yang dimilikinya sebelum jatuh tempo. ”Nasabah tidak dikenakan pinalti,” terangnya.
Tingkat bunga yang ditawarkan pun sangat kompetitif yakni 10%/tahun. Bunga deposito ‘Merdeka’ dihitung secara harian. Sehingga dapat menambah nominal deposito nasabah setiap harinya. Kalau bunga yang diberikan kepada nasabah tidak diambil, besar kemungkinan bunga yang didapatkan nasabah pertahunnya menjadi lebih tinggi dari 10%.
Deposito ini juga dapat dicairkan di seluruh kantor Bank Bukopin. Ketika ke luar daerah dan membutuhkan dana segar. Nasabah tidak perlu lagi ke kantor bank Bukopin tempat membuka deposito. Cukup datang ke cabang terdekat dan menunjukkan adpis Deposito Merdeka, nasabah bisa mencairkan dana yang dimiliki di deposito ‘Merdeka’.
Saldo minimal deposito Merdeka hanyalah Rp25 juta. Hal itu tentunya relative sebanding dengan keuntungan yang diperoleh nasabah dengan membuka tabungan ini. Apalagi dengan memiliki deposito ‘Merdeka’, nasabah juga telah memberikan proteksi bagi dirinya dan keluarga. Sebab deposito ini memiliki jaminan asuransi kecelakaan pada nasabahnya, tiga kali dari nominal deposito. ” Ada juga tambahan bea siswa untuk putra-putri yang besarnya tergantung dari nilai deposito yang dimiliki nasabah,” paparnya.
Untuk membuka deposito ‘Merdeka’, nasabah tinggal datang ke kantor cabang Bank Bukopin yang terdekat. Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi pembukaan deposito Merdeka. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM.
Sementara Head Retail Liabilities PermataBank, Robby Mondong, menjelaskan, beberapa keuntungan memiliki deposito di PermataBank adalah suku bunga yang ditawarkan kompetitif dengan fleksibilitas menentukan jangka waktu. Tesedia tujuh pilihan mata uang seperti IDR, USD, SGD, GBP, EUR, AUD dan JPY, serta dengan kemudahan penyetoran bank note bersih tanpa biaya.
Untuk membuka deposito di PermataBank caranya mudah, hanya dengan dana minimal Rp10 juta dan USD1000. Counter Rate yang ditawarkan untuk Rupiah adalah 6% dan untuk USD berkisar dari 2%. Calon nasabah tinggal mengisi formulir penempatan deposito serta foto copy identitas diri.
Target nasabah deposito PermataBank adalah nasabah perorangan dan perusahaan yang ingin menginvestasikan dananya dengan kepastian mendapatkan pengembalian nilai pokok dan imbal hasil. Bila nasabah hendak mencairkan depositonya sebelum tanggal jatuh tempo maka nasabah akan dikenakan biaya administrasi sesuai yang berlaku pada bank.
Sebagai bank asing, Standard Chartered Bank (SCB) berupaya untuk meningkatkan jumlah nasabah dan nilai tabungan yang dimilikinya. Menurut Head of Deposit and Treasury SCB Indonesia, Aris Budi Santosa mengatakan, pihaknya menawarkan produk deposito rupiah berbunga tinggi yang merupakan bagian dari ‘total banking solution’ SCB. Dimana nasabah dapat menikmati layanan finansial yang menyeluruh dengan plihan produk yang luas.
Untuk membuka deposito di SCB, nasabah harus terlebih dahulu melengkapi dokumentasi seperti pada umumnya untuk untuk pembukaan deposito dan rekening. Saldo minimal untuk penempatan deposito ini adalah sebesar IDR 25 juta. Untuk jangka waktu penempatan diatas 1 bulan, nasabah dapat memilih bunga dibayar pada saat jatuh tempo atau dibayar setiap bulan.
Bunga yang ditawarkan sangat kompetitif. Sebagai ilustrasi, untuk jumlah penempatan deposito IDR 25 juta. Nasabah bisa mendapatkan bunga hingga 12,25% untuk masa tenor satu bulan. Untuk masa tenor tiga bulan mencapai 12,5%. ”Tingkat suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu,” tuturnya.
Dia mengaku, produk tersebut ditawarkan kepada semua nasabah yang tercatat sebagai nasabah SCD. Selain itu pada saat ini pihaknya juga tengah menawarkan kepada nasabah potensial yang membutuhkan produk perbankan yang menyeluruh dengan plihan produk yang luas dari bank berstandar internasional.
Untuk pencairan deposito sebelum jatuh tempo dikenakan penalti 3,5% dari total dana yang tersedia di deposito dan bunga tidak dibayar. Penalty tersebut bukan dimaksudkan menghukum nasabah. Melainkan untuk meningkatkan disiplin nasabah dalam mengelola keuangannya.
Aris menjelaskan nasabah dari penempatan deposito dikelola secara profesional oleh SCB. Pada prinsipnya, SCB berkomitmen untuk memberikan berbagai solusi perbankan total kepada para nasabah untuk membantu nasabah mengembangkan sekaligus melindungi aset-asetnya.
Hal ini merupakan bagian dari aspirasi SCB untuk menjadi Mitra yang Tepat bagi seluruh nasabah di Indonesia. Khususnya di saat sulit seperti sekarang ini. ”kami terus mendampingi nasabah kami dan memenuhi kebutuhan finansial mereka sebaik-baiknya seperti layaknya mitra yang tepat,” paparnya. (Seputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 1, 2009 in wealth management

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: