RSS

Sejumlah Saham Diprediksi Segera Bangkit

01 Feb

Saat ini kondisi pasar modal dunia khususnya Indonesia sedang mengalami masa-masa susah. Pasar cenderung terus menurun atau biasa disebut ‘bearish’. Pasar yang sedang menunduk atau lesu ini telah menghancurkan portofolio para investor. Kondisi ini mungkin akan menjadi salah satu catatan sejarah peradaban manusia sebagai masa-masa yang suram.
Secara teknikal, melemahnya pasar cenderung akan menyebabkan pasar mengalami jenuh jual. Dalam jangka menengah biasanya akan ada tanda-tanda pasar mencoba menguat kembali atau rebound. Namun tidak ada yang berani memastikan kapan hal itu akan terjadi. Karena pada kenyataannya pasar masih cenderung bearish.
Menurut Analis dari Henan Putihrai, Thombos Sitanggang, dibandingkan dengan Negara Asia lainnya, penurunan harga saham di lantai bursa efek Indonesia (BEI) 10%
lebih rendah. Harga saham yang tercipta di pasar saham terbentuk akibat supply dan demand. Pasar masih memiliki persepsi negative pasar atas resesi ekonomi dunia.
Harga-harga saham sudah terdiskon besar akibat krisis. Kini saatnya investor mengambil kesempatan dengan membeli lagi saham-saham yang sangat murah itu. Selain harga saham dengan kinerja fundamental bagus sudah sangat murah, berbagai indikator ekonomi Indonesia masih cukup bagus. Inflasi cukup terkendali, laju pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2008 sebesar 6,4%, dan ekspor terus meningkat.
Kejatuhan harga saham di BEI lebih disebabkan sentimen negatif. Ketika harga saham di bursa AS jatuh, pemodal ikut-ikutan melepas saham mereka. Sekarang sudah banyak pemodal dari Eropa yang berancang-ancang masuk karena melihat harga saham-saham bagus yang sudah sangat murah.
Karena itulah pada 2009 mendatang, nampaknya reksadana saham memiliki prospek yang lebih bagus daripada tahun ini. Namun tentu saja, perbaikan harga saham tidak akan terjadi serempak. Hanya saham-saham tertentu saja yang mulai menunjukan perbaikan. Beberapa jenis saham yang mungkin mengalami perbaikan adalah saham sector infrastruktur dan komoditas. Ini tidak terlepas dari rencana pemerintah untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur. Selain itu, harga komoditas juga kemungkinan akan cepat pulih seiring dengan membaiknya perekonomian dunia.
Dia percaya pemilu 2009 tidak akan menyebabkan perbaikan harga saham mengalami hambatan. Hal itu telah terjadi sejak tiga kali pergantian pimpinan nasional. Pada saat itu, pergerakan harga saham malah menunjukkan peningkatan antara 15% hingga 40%. Setelah pemilihan presiden selesai dilakukan, barulah harga saham akan turun kembali.
Sementara Head investment Panin Life, Rachman Untung, menjelaskan, untuk jangka pendek, dirinya belum mengetahui adanya perbaikan pada pasar modal. Saham-saham di BEI telah mengalami kejatuhan selama perdagangan beberapa bulan terakhir akibat gonjang-ganjing pasar global. Saham-saham unggulan dan lapis dua banyak yang sudah terpangkas dan harganya di bawah harga wajarnya. bahkan ada yang di bawah harga IPO-nya.
Bagi investor yang menginginkan investasi jangka panjang, saat ini memang waktunya untuk memilah-milah saham apa saja yang fundamental dan prospeknya bagus dengan harga yang rendah saat ini. ”Seiring dengan kebijakan Presiden AS yang baru dan membaiknya sector riel di AS. Hal itu tentunya ikut mempengaruhi Indonesia,” paparnya.
Karena itulah, Dia mengaku optimis 2009 pergerakan harga saham akan mengalami kenaikan kembali. Tapi tentunya, investor yang memilih instrument reksadana investasi harus benar-benar tepat dalam memilih manager investasi. Sebab MI lah yang akan memutuskan penempatan investasinya.
Kalau ragu, ada baiknya investor terus mengawasi MI. karena pada saat itu, perbaikan harga saham mungkin tidak akan terjadi pada semua sector. Beberapa sector yang harganya diperkirakan mengalami perbaikan pada 2009 adalah komoditas, makanan dan kontruksi. (SEputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 1, 2009 in wealth management

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: