RSS

Feng Shui Memaksimalkan Energi Perkantoran

28 Apr

Pada dasarnya feng shui merupakan ilmu yang mempelajari cara meletakkan atau memosisikan segala sesuatu, terutama benda, untuk memengaruhi keberuntungan dan kenyamanan serta keamanan seseorang. Belakangan, ilmu dari negeri Cina ini makin populer di masyarakat.
Banyak yang meyakini, jika mengikuti aturan fengshui, maka segala sesuatu, mulai dari peruntungan sampai kesehatan dan jodoh, akan berjalan lancar. Tak heran jika feng shui sering dijadikan pedoman dalam menata ruangan dengan harapan akan memperoleh keberuntungan.
Menurut ilmu feng shui Tata letak bangunan serta barang-barang yang berada di kantor dapat memajukan suatu perusahaan atau bahkan membuat perusahaan tersebut bangkrut. Tujuan utama menerapkan feng shui di kantor ialah agar dapat memaksimalkan energi positif untuk meningkatkan produktivitas. Tidak aneh kalau semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknik feng shui pada kantor mereka.
Apalagi sebagian kalangan berpendapat penerapan feng shui membawa manfaat yang sama dalam meningkatkan keadaan sebuah kantor melalui disain interior dan eksterior. Maka tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan feng shui, supaya mendapatkan manfaat dari perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Apalagi kenyamanan sebuah kantor dipengaruhi oleh penataan interiornya. Mulai dari pemilihan warna hingga perabotan.
Hal ini dibenarkan oleh pakar feng shui Lie Wempie Hadiwijaya, menurutnya berdasarkan ilmu feng shui menempatkan kursi membelakangi jendela dapat mempergaruhi energi orang tersebut menjadi menurun. Disamping itu benda-benda tajam, mesin foto copy, serta laci yang ditaruh di belakang kursi juga dapat menimbulkan energi negatif.
Pria yang kerap didatangi oleh pengusaha ternama setiap akan mendirikan sebuah kantor ini mengatakan, setiap orang memiliki feng shui masing-masing yang disesuaikan dengan shionya,”feng shui ini dapat berguna untuk dua hal, yakni bagi karir dan kepribadian. Bagi karir gunanya untuk memperkokoh kedudukan dalam suatu posisi serta bagi pribadi dapat memperkuat hubungan dengan orang lain terutama dalam menjalin relasi bisnis,” ungkapnya.
Menurut Wempie ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika akan mendirikan kantor. Karena hal-hal baik di internal maupun eksternal kantor, keduanya sangat menentukan kemajuan dan kemunduran perusahaan tersebut, feng shui ini harus disesuaikan dengan shio pemilik perusahaan yang akan membangun kantor itu. Sebaiknya di depan bangunan yang akan didirikan tidak ada elemen-elemen seperti kantor polisi, pengadilan, dan rumah ibadah.
”hindari pula reklame besar atau pohon besar yang berada di depan kantor, selain itu harus pula diperhatikan aliran sungai. Pokoknya setiap akan mendirikan bangunan perhatikan arah air, karena air adalah sumber kehidupan yang vital,”jelas Wempie.
Yang perlu diperhatikan pula penempatan pintu utama yang lebarnya harus melebihi pintu belakang, sebab akan berpengaruh pada kelancaran pemasukan usaha. Sebaliknya jika pintu belakang yang bentuknya lebih lebar daripada pintu utama, akan mengalami ancaman keruagian usaha.
Pakar Feng shui Rafael Effendy, memaparkan feng shui mempunyai pengaruh besar bagi kemajuan suatu perusahaan,,”biasanya feng shui akan menimbulkan kenyamanan, mengurangi masalah dan melancarkan usaha bagi pemilik usaha”, paparnya. Munculnya segala energi positif tersebut dimungkinkan dengan penerapan feng shui yng tepat bagi ruangan. ”Nah karena setiap bentuk ruangan menimbulkan aura, kalau sinkron pasti sejalan dan kalu tidak sinkron maka tidak sejalan”, tandas ahli tata letak ruang yang berdomisili di Ciledug, Tangerang Banten ini.
Adapaun menurut Rafael, yang perlu menjadi pertimbangan dalam membangun kantor ataupun rumah diantaranya adalah Posisi tanah, karakter konsumen, struktur bangunan, lokasi sekitar bangunan, peletakan furniture atau aksesoris, bentuk plafon, serta warna cat tembok dan lain sebagainya.
Dijelaskan oleh pria beranak satu ini, posisi tanah terdiri dari bentuk dan karakternya tersendiri. Karakter tanah harus disesuaikan dengan karakter manusia yang terdiri dari 4 elemen atau karakter yakni tanah, api, angin, dan air .” apabila karakter tanahnya dingin harus dipasangkan dengan elemen api dan sebaliknya apabila karakter tanahnya panas maka harus dengan manusia yang karakter/ elemen air”, katanya.
Sementara menurut pakar feng shui Hariadi, sebelum mengatur interior kantor. Ada baiknya terlebih dahulu menghitung tahun lahir pemilik perusahaan. Setelah itu, barulah interior atau letak kantor menyesuaikan dengan hasil perhitungan tersebut. Dengan begitu, kantor dapat menyatu dan bahkan memberikan manfaat yang lebih baik kepada pemiliknya.
Kalau kantornya sudah ada, namun tidak sesuai dengan perhitungan feng shui pemilik. Pemilik perusahaan tidak perlu merubah total kantor tersebut, melainkan cukup mengubah arah pintu masuk sesuai dengan perhitungan feng shui pemilik perusahaan saja. ”Sama saja kok. Lagi pula masak kita harus merobohkan bangunan yang telah ada,” tuturnya.
Dalam feng shui, pintu masuk perusahaan tidak boleh berhadapan langsung dengan ruang pimpinan perusahaan. Sebab berpotensi membawa energi negatif bagi pimpinan perusahaan. Karena itulah sebelum masuk ke ruang kerja pimpinan perusahaan sebaiknya ada ruangan lain, misalkan saja sekertaris pribadi pimpinan perusahaan. Keberadaan ruangan lain tersebut akan menghambat energi negatif untuk masuk ke ruangan pimpinan perusahaan.
Batas antara ruang pimpinan perusahaan dengan pegawai juga harus padat. Sehingga tidak memungkinkan pegawai mengetahui yang dibicarakan pimpinan perusahaan di ruangan. Hal ini penting untuk mengeliminir bocornya rahasia kantor ke tangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. (Seputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2009 in kantor

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: