RSS

Desain Kantor Bank Mandiri Sesuaikan Image Perusahaan

10 Nov

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memiliki asset terbesar di Indonesia. Karena itulah desain gedung kantor harus sesuai dengan image perusahaan sebagai bank terbesar dan terutama di Indonesia. Kantor pusat Bank Mandiri terletak di Jl Gatot Subroto Kav 36-38 Jakarta.
Berbagai fasilitas disediakan untuk memaksimalkan kinerja pegawai-pegawainya. Diantaranya tempat olahraga, klinik kesehatan, dan sarana ibadah. Tentu saja hal itu masih ditambah dengan ruang kerja yang cukup lapang. Sehingga pegawai bisa berkreasi lebih maksimal.
Secara umum, desain ruang kerja di kantor pusat bank mandiri adalah minimalis modern. Hal itu terlihat dari minimnya lekukan-lekukan ataupun dinding yang membatasi ruang kerja. Akibatnya kapasitas ruangan menjadi lebih maksimal, memudahkan
komunikasi dan pengawasan. Serta memudahkan untuk bekerja secara team work. Kalaupun ada sekat, hal itu hanya diberlakukan pada pegawai yang berada pada posisi managerial saja.


Pada divisi treasury, meja kerja pegawai agak sedikit melengkung ke dalam sehingga memudahkan pegawai untuk bekerja. Pasalnya meja kerja seperti itu cenderung dapat menurunkan rasa lelah, dan pada akhirnya produktivitas kerja meningkat. Karena jarak meja antara satu pegawai dengan lainnya cukup jauh, maka di meja kerja pegawai tidak terdapat partisi.
Bagian ruang rapat dibuat tertutup, namun juga menggunakan material transparan. Sehingga pegawai di luar ruangan dapat melihat apa yang dilakukan oleh peserta rapat. Hal itu dimaksudkan untuk menimbulkan kesan rileks. Namun begitu, pegawai di luar ruang rapat tidak bisa mendengar apa yang dibicarakan peserta rapat. Warna ruang kantor di bagian Treasury cenderung didominasi warna putih sehingga memancarkan kesan orisinalitas, ringan, polos, tenteram, nyaman, dan terang.
Bagian treasury Bank Mandiri juga memiliki ruang ‘rekreasi’. Di tempat ini pegawai bisa memainkan beberapa alat musik yang ada di ruangan tersebut. Ada juga kursi lelah yang bisa memijat kaki pegawai secara otomatis. Bagi yang hanya ingin menonton film, managemen juga menyediakan sebuah televisi berukuran sedang. Tentunya ruangan ini hanya boleh dipergunakan di luar jam kerja.
Sebagai bank besar, tentu tidak sedikit masyarakat yang hendak berkunjung untuk mengetahui informasi maupun produk yang dimiliki Bank Mandiri. Menurut Corporate secretary Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro ruangan itu berada di lobi utara yang bernama ruang Executive Briefing Center (EBC). Sebuah fasilitas untuk mengkomunikasikan product, people, and values perusahaan dengan cara memberikan pengalaman langsung (live experience) kepada customer tentang produk dan layanan solusi perbankan maupun gambaran organisasi, proses bisnis, technlogy (IT), dan SDM Bank Mandiri.
Desain ruangan ini memiliki desain modern dan tentunya memiliki fasilitas modern juga dan terdiri dari beberapa area. Dilengkapi dengan fasilitas 12 layar yang terintegrasi yang memutarkan video Bank Mandiri. Tempat ini juga memiliki Virtual Tour yang merupakan fasilitas video conference yang terhubung dengan Dealing Room Treasury, Call Center dan Command Center (IT).
Bagi pengunjung yang hendak beristirahat, ada Cofe Corner yang menyediakan minuman dan snack ringan untuk pengunjung. Serta Interaction Lounge sebagai tempat untuk melakukan perbincangan lebih lanjut kepada tamu yang dilengkapi dengan 3 layar lebar, dapat digunakan untuk presentasi, pemutaran video, menampilkan dokumentasi dan foto dan juga terhubung dengan Indovison.
Bagi pegawai yang ingin meningkatkan pengetahuan, managemen menyediakan perpustakaan yang cukup luas. Menariknya desain perpustakaan di kantor pusat Bank Mandiri tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Penataan meja dan kursi yang sedemikan rupa membuat pegawai yang datang merasa seperti berada di rumah sendiri. (Seputar Indonesia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 10, 2009 in kantor

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: